Tanya Jawab Psikoterapi

Tolong Jelaskan Secara Singkat, Apa itu Psikoterapi?
Psikoterapi adalah pengobatan untuk gangguan mental dengan metode tertentu yang ilmiah dan sudah terbukti berhasil. Psikoterapi bisa membantu mengatasi hampir semua masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku. Orang yang melakukan psikoterapi disebut Psikoterapis (Psychotherapist). Seorang psikoterapis bisa membantu Anda mengatasi stress, depresi, trauma, fobia, kecemasan, gagap dan sebagainya. Psikoterapis juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan kepercayaan diri, membentuk mindset sukses, motivasi dan membantu dalam menentukan pilihan.

Apakah Saya Akan Diberi Obat?
Tidak. Psikoterapi tidak menggunakan obat sebagaimana Anda diberi obat penenang atau anti depresan oleh psikiater. Kami memandang bahwa psikofarma (obat untuk gangguan psikologis) memang bisa membantu, tapi sifatnya simtomatis. Yang dimaksud simtomatis adalah obat itu hanya mengatasi gejala yang muncul, bukan akar penyebab gejala yang muncul. Itulah mengapa pengguna psikofarma cenderung ketergantungan atau gangguannya kambuh apabila tidak mengkonsumsi obat.

Apakah Ada Tindakan Fisik Dalam Psikoterapi?
Tidak. Selain tidak menggunakan obat dan ramuan, dalam psikoterapi juga tidak ada tindakan fisik. Psikoterapi tidak menggunakan suntikan, operasi, pijatan, latihan fisik dan sebagainya. Proses psikoterapi berlangsung seperti diskusi yang mendalam mengenai pikiran Anda.

Gambarkan Secara Singkat Proses Psikoterapi Itu?
Psikoterapi diawali dengan menganalisa masalah Anda dan menentukan tujuan dari psikoterapi. Setelah itu, akan dilakukan psikoterapi dengan metode tertentu yang cocok dengan masalah Anda. Ada beragam metode yang bisa digunakan. Secara umum, Anda akan diajak berpikir dengan cara tertentu, merenung dengan teknik tertentu, merasakan kembali, mengingat kembali, mempelajari kembali, mengakses kesadaran Anda, menggali bawah sadar Anda dan sebagainya.

Apa Yang Akan Saya Alami Selama Psikoterapi?
Umumnya orang akan merasakan kedamainan dan perluasan kesadaran selama proses psikoterapi. Namun sebelum mendapatkan keadamainan dan kesadaran tersebut, untuk sebagian orang perlu mengakses memori yang menyakitkan sehingga terjadi abreaksi berupa tangisan, teriakan, gerakan-gerakan otomatis, perasaan campur aduk dan sebagainya. Memori menyakitkan itu diakses untuk diobati secara permanen. Karena memori yang meyakitkan seringkali menjadi penyebab berbagai gangguan psikologis.

Apakah Selama Proses Psikoterapi Saya Tetap Sadar?
Ya. Selama proses psikoterapi Anda sadar sepenuhnya dan bisa mengingat semua prosesnya. Psikoterapi yang kami lakukan berbeda dengan hipnoterapi. Dimana dalam hipnoterapi biasanya Anda akan dibimbing untuk mengalami kondisi relaksasi setengah tidur. Untuk kasus-kasus tertentu, mungkin kami akan mengajarkan Anda relaksasi fisik dan mental, tapi tujuannya bukan untuk membuat Anda tidak sadar, malah sebaliknya untuk membuat Anda semakin menyadari diri Anda.

Apakah Hasil Psikoterapi Permanen?
Iya, permanen. Hal ini karena psikoterapi yang kami lakukan bertujuan untuk menyelesaikan masalah sampai ke akarnya. Ibarat Anda terluka, psikoterapi mengobati luka Anda sampai sembuh sepenuhnya. Bukan sekedar memberi obat penghilang rasa sakit, sementara lukanya tidak diurus. Jika Anda telah mencoba terapi-terapi sebelumnya, tapi setelah berbulan-bulan hasilnya tidak permanen, kemungkinan besar Anda menjalani terapi yang bersifat seperti "obat penghilang rasa sakit sementara".

Mengenai Jadwal, Biaya dan Cara Pendaftaran Psikoterapi?
Anda bisa membaca mengenai jadwal psikoterapi, biaya dan cara pendaftaran di halaman Layanan Psikoterapi Privat atau KLIK DI SINI >>>

Apakah Klien Boleh Ditemani Saat Psikoterapi Privat?
Boleh, apabila klien menghendaki. Namun sangat disarankan bahwa psikoterapi bisa dilakukan secara privat, hanya klien dan psikoterapis di ruang terapi. Tujuannya adalah agar klien bebas bercerita mengenai masalah paling pribadi sekalipun. Dalam proses psikoterapi, kami biasanya menanyakan kesan klien terhadap orang terdekatnya (misalnya suami, istri, anak, saudara, ayah, ibu, mertua, sahabat dan sebagainya). Dikhawatirkan, klien merasa kurang leluasa berbicara apabila ada orang lain yang mendengarkan. Akan tetapi, apabila klien memang ingin ditemani, maka kami persilakan.

Apakah Saya Harus Mengatakan Semua Rahasia Saya?
Tidak. Anda tidak perlu mengatakan semua rahasia Anda kepada kami. Kami memang lebih suka jika Anda terbuka kepada kami karena itu akan mempermudah proses psikoterapi. Namun bukan berarti Anda harus menceritakan semua rahasia Anda. Dalam psikoterapi, Anda hanya perlu menceritakan hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang sedang Anda konsultasikan kepada kami. Ketika kami bertanya sesuatu, Anda juga berhak tidak menjawab apabila Anda belum siap untuk membagi rahasia itu dengan kami.

Apakah Psikoterapi Bisa Menyembuhkan Orang Yang Tidak Ingin Sembuh?
Tidak. Syarat utama keberhasilan psikoterapi adalah klien (pasien) harus ada keinginan dari diri sendiri untuk sembuh. Apabila klien menolak untuk diterapi atau tidak ingin sembuh, maka kami tidak bisa membantu. Psikoterapi juga tidak bisa membantu orang yang tuli, bisu, anak kecil yang sulit diajak komunikasi, anak autis, anak hiperaktif dan orang dengan kelainan mental sejak lahir.